Cara Mengobati Kutil Kelamin Wanita

Cara Mengobati Kutil Kelamin Wanita - Kutil kelamin merupakan infeksi menular seksual yang ditandai dengan munculnya benjolan-benjolan daging berukuran kecil di sekitar zona kelamin atau dubur. Penyakit ini benar-benar tidak menyebabkan nyeri serta tak berbahaya jiwa penderitanya. Walau demikian, penyakit ini menimbulkan stres imbas benjolan yang tak sedap dipandang mata.

Penyebab Kutil Kelamin

Human papilloma virus (HPV) merupakan penyebab kutil kelamin. Seseorang bisa terjangkit kutil kelamin lewat kontak antar kulit saat dirinya menjalankan hubungan seksual dengan orang lain yang sudah terinfeksi. Besarnya risiko hal yang demikian yaitu sebesar 66 persen. Karena itu kutil kelamin yaitu penyakit seksual yang cukup biasa terjadi.

Rentannya seseorang untuk tertular kutil kelamin biasanya ditunjang oleh beberapa faktor risiko, seperti mengerjakan hubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan tanpa pelindung, melakukan relasi dengan seseorang yang riwayat kehidupan seksualnya tidak jelas, aktif secara seksual semenjak umur remaja, dan pernah memiliki riwayat infeksi seksual sebelumnya. Kecuali itu, penularan juga bisa terjadi melewati sex toys (alat bantu seks) yang sudah terpapar virus HPV. Baca Juga : obat kutil kelamin
Sebagian besar kutil kelamin berukuran sungguh-sungguh kecil dan berbentuk datar sehingga susah nampak secara kasat mata. Lazimnya mereka yang mengalami keadaan ini akan merasakan gatal-gatal pada tempat sekitar daerah genitalnya. Kecuali tumbuh satu per satu, beberapa kutil kelamin juga bisa tumbuh secara berdekatan atau menyusun klasifikasi yang lebih besar.

Pada pria, kutil dapat tumbuh di komponen batang dan ujung penis, anus, serta kantong zakar. Walaupun pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh pada bagian dinding vagina, leher rahim, vulva, dan kulit di antara lubang organ intim wanita dan lubang dubur. Kutil kelamin juga bisa tumbuh di dalam mulut dan malah tenggorokan seseorang yang menjalankan seks oral dengan seorang penderita.

Walaupun kutil kelamin bukan ancaman serius bagi kesehatan dan umumnya tidak menyebabkan rasa sakit, serta tidak berdampak kepada tingkat kesuburan, keadaan ini bisa menyebabkan tekanan psikologis orang yang menderitanya.


Diagnosis kutil kelamin

Kutil kelamin ialah keadaan yang cukup gampang dikenali secara kasat mata oleh dokter. Melainkan seandainya kutil hal yang demikian tumbuh di komponen yang susah diperhatikan, seperti di komponen dalam Metode Kecuali atau anus, dokter mungkin akan membutuhkan spekulum atau proktoskop. Dokter juga mungkin akan mengacu ke ahli jika ada gangguan pada aliran air seni.

Pengobatan kutil kelamin

Penggunaan pengobatan kutil kelamin terbagi menjadi dua, yaitu melewati pemberian obat-obatan topikal (obat berbentuk salep, krim, atau cairan yang mengandung zat kimia khusus) dan prosedur ablasi (penghancuran jaringan kutil dengan sistem dibakar, dibekukan, atau dibedah).

Prosedur ablasi umumnya diaplikasikan oleh dokter kalau obat-obatan topikal tak kapabel menghilangkan kutil kelamin atau bila kutil kelamin telah menyebar cukup luas. Sebagian itu, prosedur ablasi juga kemungkinan akan diterapkan jikalau penderita sedang hamil. Baca Juga : obat kutil kelamin

Jangan mengobati kutil kelamin menggunakan obat-obatan penghilang kutil yang dipasarkan bebas di kios obat tanpa berkonsultasi terpenting dulu kepada dokter. obat secara sembarangan dikhawatirkan bisa menyebabkan iritasi pada zona yang terkena kutil kelamin dan rasa sakit.

Pencegahan kutil kelamin

Beberapa orang yang pernah terkena kutil kelamin hanya terjangkit kondisi ini sekali di dalam hidupnya, tetapi sebagian orang lainnya dapat mengalami kambuh. Jarak waktu kambuhnya kutil kelamin bisa berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau malahan bertahun-tahun. Dengan menerima vaksin HPV dan menggunakan kondom dikala terkait seksual, kutil kelamin bisa dicegah.